Mengatasi Printer Termal Tulisan Tidak Jelas Atau Tidak Muncul Tulisan!

10 Juni 2023 - Kategori Blog

ptinter termal tidak muncul tulisan

Mimin punya pengalaman setelah kulakan printer termal dari luar negeri dan ingin dijual di pasar local setelah ditest eh ternyata ada beberapa yang tulisannya tidak jelas dan ada juga yang tidak muncul. Kasus seperti ini sangat sering terjadi pada printer termal, entah itu baru beli atau sudah dipakai lama.

Kalau agan beli di mimin sih dapat printer yang tulisan tidak jelas langsung tuker aja!Oke…..

Terus apakah sih yang menyebabkan kasus di atas??????

Kasus printer termal yang tulisan tidak jelas bahkan tidak muncul yang perlu di cek adalah head nya. Head adalah komponen ter penting pada printer. Karena kita menggunakan printer termal maka head nya tidak mengeluarakan tinta jadi sistem kerjanya tidak sama seperti printer tinta.

Head printer termal hanya mengeluarkan panas yg dibukan untuk memanaskan kertas termal agar muncul tulisan. JIka panas yang dihasilkan head kurang maka tulisan akan pudar bahkan tulisan tidak muncul.

Jika muncul kasus seperti ini apasaja yang perlu diperhatikan atau diperiksa?????

  1. Head
    Jika terjasi kasus di atas yang perlu di periksa pertamakali adalah headnya apakah mengeluarkan panas atau panasnya kurang maksimal? jika teridentifikasi panas berkurang atau tidak ada silahkan bersihkan head dan cek socketnya. jika dirasa semua normal tetapi tidak muncul tulisan atau remang-remang anda bisa mengganti headnya dengan head baru. contoh head baru seperti ini klik disini
  2. Kualitas kertas
    Kualitas kertas juga sangat berpengaruh terhadap kualitas cetak printer termal. tidak salahnya jika muncul kasus diatas mengganti dengan kertas dari brand yang lain.

Demikian saran dan tips dari kami, jika ada salah kata dan salah pengertian akan agan tanggung sendiri..

© Copyright 2024 - ARTAJASATEKNIK - All rights reserved.

 
Chat via Whatsapp