Menentukan Kapasitas Harddisk CCTV

06 November 2020 - Kategori Blog

 

 

 

Bisa menentukan kebutuhan kapasitas harddisk CCTV merupakan kemampuan wajib bagi teknisi cctv seperti saya. Jangan sampai nnti ditanya user/customer kapasitas harrdisk yang dibutuhkan tidak bisa menjawab karena tidak tahu. Contoh pertanyaan yang biasa di tanyakan oleh user kepada saya:

” Mas, kapasitas harddisk 1 tera bisa merekam berapa hari?”

” Mas, kalau rekamannya ingin selama 30 hari berapa kapasitas harddisk yang dibutuhkan?”

“Nah, itulah pertanyaan user yang sering saya dapatkan!”

 

“Baca  juga cara reset DVR CCTV”

 

Untuk menentukan kapasitas harddisk yang dibutuhkan oleh DVR CCTV kita harus memperhatikan beberapa hal:

  1. Jumlah Kamera
    Hal pertama adalah jumlah kamera CCTV. Semakin banyak kamera CCTV yang digunakan atau disambungkan ke DVR anda, maka akan semakin banyak kapasitas harddisk yang dibutuhkan.
  2. Kualitas rekaman CCTV
    Kualitas rekaman cctv mempengaruhi kebutuhan media penyimpanan, semakin tinggi kualitas rekaman CCTV semakin besar juga kebutuhan penyimpanannya di harddisk. Kualitas Full HD dengan resolusi 1920x 1080 pixel akan makan media penyimpanan 2x lipat atau lebih dari kamera dengan kualitas penyimpanan HD 720 pixel.
  3. Compresion
    Standart compresion yang saat ini sering saya jumpai pada DVR adalah H.264, H.264+, dan H.265 yang terbaru. Compresion H.265 yang terbaru di klaim bisa menghemat 50% lebih media penyimpanan. jadi jika anda membeli DVR perhatikan compresi vidio yang digunakan standart yang mana? cek spesifikasi.
  4. Frame Rate
    Frame per secon yang biasa disingkat dan satuannya FPS. Frame rate biasanya di tulis “25 fps” atau “30 fps”.
    jika 25 fps berarti ada 25 gambar perdetik yang disimpan, Semakin rapat FPS nya akan semakin besar kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan.
  5. Lama Penyimpanan Rekaman
    semakin lama waktu penyimapan cctv maka akan semakin besar pula kapasitas harddisk yang dibutuhkan

Tetapi tenang anda tidak usah bingung menghitung dengan rumus yang bikin pusing untuk menentukan kapasitas harddisk. ada harddisk kalkulator bisa klik disini.

Untuk harddisk DVR CCTV jangan sampai keliru pilih nya. Karena beda HDD cctv dan komputer. Untuk Harddisk CCTV bisa cek di link berikut ini HDD khusus CCTV

, ,

© Copyright 2024 - ARTAJASATEKNIK - All rights reserved.

 
Chat via Whatsapp